Jitu & Aman memilih Laptop / Notebook / Netbook

Bingung ingin membeli laptop baru ? bukan barang murah kan? Apalagi banyak jenisnya belum lagi merk dan spesifikasinya. Jangan sampai deh beli laptop yang penampilannya "Aduhai"' tapi akhirnya "Alamak" menyesal tidak sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.


Bagaimana sih memilih laptop ?

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan :
    • Untuk developing / pemrograman, biasanya software developing membutuhkan resource yang tinggi. Kamu bisa memilih laptop dengan prosesor extreme, VGA Card dengan memori besar (non shared) dan RAM dengan spesifikasi sangat besar agar bisa mengimbangi sofware developing tools yang membutuhkan memori besar. Teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit adalah hal yang mutlak (misal Quad Core / Core 2 Extreme).
    • Jika dipakai untuk desain dan gaming, sebaiknya pilih spesifikasi yang VGA cardnya yang support (misal Chipset Nvidia Ge Force) dan RAM yang besar agar saat mendesain dan bermain game terasa lebih ringan dan cepat. Jika kamu ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, memilih teknologi multi-core dengan arsitektur 64-bit sangat disarankan (misal Core 2 Duo).
  2. Tentukan nilai ekonomisnya :
    • Pilihan laptop berdasarkan waktu pakai baterai, berat laptop, ukuran layar, serta beberapa fitur internal / aksesorisnya. Apakah ada kriteria atau kebutuhan yang khusus pada laptop yang akan dipilih ? Pastikan kebutuhan itu terpenuhi sebelum menentukan pilihan. misal Wi-fi, Bluetooth, WebCam, Multi-slot memorycard, DVD R/W dll. Apakah ada accessories atau alat tambahan yang akan dihubungkan ke laptop ? Bila ada cek apakah laptop pilihan kamu memiliki port input / output yang sesuai.
    • Semakin banyak konektifitas internal yang terpasang akan mengurangi waktu pakai baterai. Jadi disarankan untuk memilih sesuai nilai ekonomisnya, jenis laptop saat ini :
      1. Laptop : Biasanya memiliki fitur aksesoris yang paling lengkap sehingga ukurannya dan beratnya besar. Ini cocok buat mereka yang bekerja dengan insensitas selalu dalam ruangan
      2. Notebook : Memiliki beberapa fitur saja, ciri paling khas adalah tidak adanya DVD R/W pada laptop jenis ini. Hal ini di maksudkan untuk memperlama daya pakai baterai. Ini cocok buat meraka yang bekerja secara mobile misal sekretaris, wartawan dll.
      3. Netbook : Fitur aksesoris yang terpasang sangat minim dan ringan. Biasanya hanya Wi-Fi, Webcam, Bluetooth. Tentunya dengan layar yang mini pula. Ini dikarenakan laptop jenis ini hanya di peruntukkan mereka yang suka berselancar di dunia maya saja alias ber-internetan ria.
  3. Spesifikasi Khusus :
    • Processor INTEL / AMD ?
      Banyak sekali perdebatan mengenai kedua produk ini. Namun sebenarnya kedua perusahaan ini adalah pembuat prosesor terbaik di dunia yang saling berlomba mengembangkan jenis prosesor terbaik. Saat ini prosesor Intel untuk laptop, memiliki teknologi lebih baik untuk menghemat battery. Performa memang tidak mencolok antara keduanya. Tapi kebanyakan pengguna akan menemui kesulitan dengan prosesor AMD. Hal ini karena bentuk fisik prosesor yang lebih kecil dari Intel, sehingga panas yang di hasilkan sangatlah tinggi dibandingkan dengan Intel. Tentu ini berpengaruh pada elastisitas cassing dan resiko apabila kipas prosesor macet karena kotoran debu. Mengingat prosesor ini hanya laku keras di negara 4 musim, yang suhu udaranya sejuk tidak seperti negara kita yang mirip Saudi Arabia maka resiko over heat / kelebihan panas menjadi besar dan ini riskan sekali. Makanya laptop dengan prosesor AMD biasanya lebih murah harganya.
    • VGA Nvidia / ATI ?
      Keduanya produk kartu grafis yang bagus. Nvidia lebih baik dalam teknologi OpenGL dan dukungan Linux. Sedangkan ATI mempunyai kemampuan lebih baik di game, anti-aliasing dan anisotropic filtering. Tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Paling penting ketahui seberapa besar kebutuhan program yang digunakan terhadap kartu grafis. Jika kamu menggunakan aplikasi 3D atau game yang berat, kamu akan memerlukan VGA dengan performa yang tinggi. Jika tidak misal untuk aplikasi Office / perkantoran, VGA Intel yang terintegrasi sudah lebih dari cukup.
    • RAM ?
      Dari semua komponen di notebook, jumlah RAM yang terinstall akan mempunyai efek yang paling jelas. Semakin besar RAM, semakin cepat semua aplikasi akan berjalan. Saat ini, 512MB adalah minimum, dan sangat disarankan memiliki 1GB, terutama jika menjalankan Windows Vista atau Seven. Jika banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking), kamu perlu mempertimbangkan untuk upgrade ke 2GB atau 4GB. Tidak ada perbedaan mencolok antara kecepatan bus-nya 533Mhz dan 667Mhz. RAM juga merupakan salah satu komponen yang paling mudah di upgrade dan kamu bisa melakukannya sendiri.
    • Lisensi / non lisensi ?
      Selalu pastikan stiker segel dealer vendor masing2 merk terpasang ada laptop kamu, bukan segel toko yang dimaksud. Ini termasuk garansi bahwa laptop kamu terjamin sparepartnya oleh gerai service tanpa ada penolakan (barang Black Market).
    • Windows Lisensi / Hackingan ?
      Bila kamu adalah seorang yang bekerja dengan mobilitas tinggi, pastikan bahwa kamu membeli laptop dengan windows yang bersertifikasi. Cukup dengan melihat sisi bawah laptop dan cari stiker sertifikasi windowsnya. Ini disebabkan karena sudah banyak agen Microsoft Indonesia yang selalu melakukan sidak / sweeping baik di bandara maupun di instansi / kantor. Gak mau kan laptopnya jadi barang bukti kasus pembajakan ? kecuali laptop tersebut dipakai dirumah saja.
    • Merek ?
      Tergantung kamu sih, kalau aku sih lebih senang dengan branded Eropa. IBM, DELL, Hewlett Packard dan Compaq. selain handal, cassingnya lebih tebal dari branded Asia. Oh ya satu lagi IBM Lenovo itu branded Asia.
  4. Pertimbangkan layanan Service-nya :
    • Jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jual / servicenya mulai dari jumlah gerai service dan lokasi gerai tersebut, ini berdampak pada ketersediaan spare parts dan waktu service. Jangan memilih laptop yang spare parts-nya sulit dicari karena akan berdampak pada harga jual after marketnya alias jual second hand.
    • Beberapa vendor laptop kini menawarkan masa garansi yang panjang dengan harga laptop terjangkau. Jika kamu ingin menggunakan laptop untuk jangka panjang, tidak ada salahnya untuk memilihnya
  5. Sesuaikan dengan budget kamu !
    Kalau bisa menunggu tabunglah uang kamu untuk laptop idamanmu, kalau mendesak saran saya cari leasing / kreditan yang suku bunganya murah. Dan jangan ambil jangka waktu lama, karena akan merugikan kamu.

Teknologi laptop terus berubah dengan cepat. Selalu akan ada teknologi yang lebih baru dengan kecepatan yang lebih tinggi. Ini tidak bisa dihindari, jadi ketika kamu memerlukan laptop saat ini, pastikan bahwa teknologi yang dipilih cukup untuk memenuhi keperluan kamu. Karena memiliki laptop tidak sama dengan berinfestasi, yakinlah bahwa nanti harga yang kamu keluarkan tidak akan kembali utuh, sama seperti Handphone begitu terlewati 2 generasi saja harga secondnya jatuh hingga 50%.


Contoh  :


ALIENWARE # Prosesor: Core2 Extreme QX9300 2.53 GHz (Quad Core) # Memori: Dual Channel 8 GB DDR3 1333 MHz # HDD: 512 GB (2 x 256 GB) SSD # Layar: 17 inci (1920 x 1200) WUXGA # Optical Drive: Dual Layer Blu-ray Writer # Grafis: (Dual) * GeForce 9400M G * GeForce GTX280M # Konektivitas: * Wireless LAN: 802.11n * Bluetooth: 2.1 + EDR # I/O: * 4 x USB 2.0 * IEEE 1394 * eSATA * HDMI * DisplayPort * Webcam # Fisik: * Dimensi: 406 x 321 x 52 mm * Berat: sekitar 5,3 kg # Sistem Operasi: Windows Vista Ultimate SP1 64-bit + Windows 7 Ultimate upgrade


Category Article

What's on Your Mind...